6 PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH KOTORAN BURUNG

By YL 18 Agu 2017, 14:14:37 WIB Kesehatan
6 PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH KOTORAN BURUNG

Setiap orang memiliki hoby dan kegemaran yang berbeda. Salah satu kegemaran yang seringkali dilakukan di rumah di sela-sela aktifitas yakni memelihara unggas. Bisaanya seperti ayam, bebek atau juga burung. Untuk hewan yang bisa terbang seperti burung, tentu para penikmatnya hanya menikmati lantunan indah suaranya tanpa mengkonsumsi dagingnya seperti halnya ayam dan bebek. Walapun demikian jangan abaikan kebersihan kandangnya. Karena perlu kamu ketahui bahwa kotoran burung dapat menyebabkan lebih dari 60 penyakit. Ingin tahu jenis penyakit apa saja yang dapat di sebabkan oleh kotoran burung? Simak beberapa panyakit yang bisa terjadi pada manusia karena kotoran burung berikut ini :

1. Histoplasmosis

 

Yakni suatu kondisi yang menyerang bagian pernapasan, dimana penyakit pernapasan ini bisa berakibat fatal jika tidak di tangani. Penyakit histoplasmosis ini dapat muncul akibat dari jamur yang tumbuh di kotoran burung yang sudah kering.

 

2. Kandidiasis

 

Kandisiasis adalah suatu infeksi jamur yang disebarkan oleh burung merpati. Penyakit ini seringkali akan mempengaruhi kulit, sistem pernapasan, bahkan saluran urogenital, terutama vagina wanita. Apabila wanita terjangkiti wanita, maka akan mengakibatkan gatal-gatal, nyeri, dan juga keputihan.

 

3. Kriptokokosis

 

Untuk penyakit yang satu ini biasanya disebabkan oleh ragi yang ditemukan di dalam saluran pencernaan burung merpati dan burung jalak. Dimana penyakit ini seringkali dimulai dengan penyakit paru yang kemudian dapat mempengaruhi sistem saraf pusat.  Tempat yang menjadi favorit burung tinggal seperti loteng,  sekolah, kantor, gudang, pabrik, dan lainnya. Termpat tersebutlah yang paling di waspadai karena jamur bisa ditemukan di daerah tersebut yang mana dekat dengan sarangnya.

 

4. St Louis Encephalitis

 

Mungkin Anda kurang akrab dengan nama penyakit yang satu ini. Ya St Louis Encephalitis adalah penyakit peradangan sistem saraf yang seringkali mengakibatkan kantuk, sakit kepala, dan demam. Perlu Anda waspadai karena jika tidak di tangani penyakit ini bisa mengakibatkan kelumpuhan, koma, bahkan kematian. St Louis Encephalitis biasanya terjadi pada semua kelompok umur, akan tetapi terutama bisa fatal bagi orang-orang yang berusia di atas 60 tahun. Dan satu lagi yang harus Anda ketahui bahwa penyakit ini disebarkan oleh nyamuk yang telah terinfeksi virus grup B dari merpati dan burung kutilang.

 

5. Salmonellosis

 

Untuk jenis penyakit yang satu ini sering terjadi sebagai kasus keracunan makanan yang mana penyebabnya dikarenakan oleh burung merpati, jalak, atau pipit. Bakteri penyakit yang ditemukan dalam kotoran burung dan debunya ini bisa tersedot melalui ventilator dan AC, kemudian akan mencemari makanan di rumah, restoran, bahkan pabrik pengolahan makanan.

 

6. Infeksi E.coli

 

Sebenarnya hewan sapi lah yang merupakan pihak membawa virus E. coli. Tetapi ketika burung mematuk kotoran sapi, maka E. coli bisa terangkut paruh burung-burung tersebut, sehingga bakteri itu dapat mendarat di tempat lain seperti di makanan ataupun air bersih.

 

Burung selain menjadi pembawa langsung penyakit, ternyata burung juga bisa membawa lebih dari 50 jenis ektoparasit. Lalu sekitar dua pertiga dari ektoparasit ini dapat merusak kesehatan manusia dan juga hewan peliharaan. Sedangkan lainnya dianggap sebagai hama pengganggu.

 

 

 

Sumber : Ali Ghozali




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Berita Terbaru

Berita Populer

Jejak Pendapat

Siapakah Presiden & Wakil Presiden Indonesia Selanjutnya menurut Anda ?
  Prabowo-Sandiaga
  Jokowi-Ma'aruf

Komentar Terakhir

  • web developer jakarta

    wah dengan update nya windows terbaru sepertinya akan banyak web developer di jakarta yang harus ...

    View Article
  • makanan minuman populer

    thank you for sharing, please check out our ...

    View Article
  • makanan minuman populer

    thank you for sharing, please check out our ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video